Yuk belajar dunia kuliner !

Jika bicara kuliner, maka akan melibatkan berbagai aspek dalam proses masak-memasak sebagaimana yang dimaksud mulai dari mempersiapkan bahan makanan, pengolahan, memasak sampai dengan penyajian makanan. Tujuan kuliner adalah bentuk dari penyelenggaraan kuliner yang merujuk pada keahlian mengolah makanan sampai siap di konsumsi. Gastronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bahan makanan dan minuman, cara penyusunan, pengolahan dan cara penyajiannya secara profesional (jasa boga). Kenali istilah dalam gastronomi :

  • Gaurmet yaitu seseorang yang sangat memperhatikan mutu maupun keindahan hidangan dan minuman serta cara penyajiannya (service)
  • Gourmand yaitu seseorang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan enak dalam jumlah sedikit
  • Cuisine yaitu hidangan atau makanan
  • Continental food yaitu makanan yang memiliki rasa khusus, terdiri dari jenis-jenis bahan makanan dan macamnya bumbu-bumbu yang dipakai dalam pengolahan makanan khas bangsa-bangsa di benua Eropa dan Amerika.
  • Oriental food yaitu aneka bahan makanan dan bermacam-macam jenis bumbu yang dipakai dalam pengolahan khas bangsa di benua Asia.

Tipe Pelayanan Makanan dan Minuman

  1. Table service merupakan jenis pelayanan restoran di mana tamu dipersilakan untuk duduk dan memesan hidangan ke pelayan. Kemudian, pelayan akan menyajikan hidangan tersebut di hadapan para tamu. Jenis pelayanan table service dibagi menjadi beberapa jenis berikut : American service : jenis pelayanan yang praktis dan cepat di mana makanan telah ditata langsung dari dapur dan pelayan hanya perlu mengantarkannya ke meja pengunjung. French service : tipe pelayanan yang bersifat formal dan eksklusif di mana chef menyiapkan makanan secara langsung di hadapan para tamu. English service : jenis layanan keluarga di mana pelayan mengantarkan makanan ke meja, kemudian tuan rumah akan berkontribusi untuk menyiapkan dan membagikan hidangan ke tamu lainnya. Russian service : tipe layanan yang mirip dengan French service, namun bersifat lebih cepat dan murah. Hidangan telah dipersiapkan dari dapur, sehingga hanya diperlukan satu pelayan untuk menyajikannya.
  2. Other service meliputi Padang service, lazy susan service, cafetaria service, tray service Lazy Susan Service atau dulang service yaitu cara penghidangan pemesanan makanan, baik berupa set menu, dari makanan pembuka sampai makanan penutup dengan harga secara keseluruhan atau ala carte, dan makanan diambil sendiri oleh tamu. Jenis pelayanan ini biasa digunakan di restoran indonesia dan restoran cina. Cafetaria service merupakan tipe layanan yang praktis, cepat, dan hemat energi. Di sini, tamu dapat memesan dan mengambil pesanan pada counter, kemudian membayarnya di bagian ujung counter. Dengan kepraktisan yang ditawarkannya, cafetaria service menjadi layanan yang umum ditemukan pada restoran cepat saji. Tray Service merupakan pelayanan yang dikhususkan untuk Rumah Sakit, Room Service Hotel, Asrama perawat dan sebagainya. Makanan dihidangkan pada nampan (tray) lengkap dengan alat makan dan makanan tetapi makanan panas tetap dihidangkan panas sedangkan makan dingin tetap dingin.
  3. Buffet service yaitu tamu melayani diri sendiri dengan mengambil hidangan dari counter yang sudah ditata.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *